Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

oooh…..seratus ribu

pada 27 Agustus 2007

 

Beberapa hari ini aku rada bingung, karena terjadi selisih kurang di kas operasional kantor. Besar selisihnya lumayan lah ….100 ribu rupiah!! hmmm…aku coba ingat – ingat lagi apa ada transaksi yang lupa diinput, kucocokan data di sistem, lalu aku coba hitung ulang pengeluaran dan pemasukan selama sepekan ini…..hasilnya, teu teup…selisih 100 ribu. Duh salah dimana yaa….aku sudah berusaha untuk seteliti mungkin, tidak ada uang yang lebih bayar atau kesalahan input, semua pas….tapi kenapa secara fisik uang yang ada menjadi kurang?. Kalaupun selisih, biasanya hanya seratus atau dua ratus rupiah atau jumlah yang keriting karena konversi dolar ke rupiah. Aneh…jumlahnya bulat 100 ribu…kemana ya itu uang….

Akhirnya aku memang harus mengganti selisih itu. Yaaah…beginilah resiko jadi kasir, harus mengganti apabila terjadi selisih dalam cash opname. Aku mengeluarkan uang dari dompet dengan berat hati..ihiks…100 ribu bo’!….ukuran yang lumayan besar buatku…..terbayang buku-buku yang belum sempat aku beli, ..hmmm…kira2 dapat berapa buku ya dengan uang seratus ribu. ups…sulit sekali mengikhlaskannya.

Setiap kejadian pasti sarat akan makna. Aku mencoba merenungi kejadian ini. Ada apa? Mengapa Allah mengambil uangku….kesalahan apa yang telah kuperbuat?…apa ada zakat yang belum aku tunaikan?…atau aku kurang shodaqoh?……Shodaqoh?….astagfirullah…..aku baru ingat….sebulan yang lalu aku berniat menyumbangkan sejumlah uang untuk seorang ibu yang kisah sedihnya aku baca dari sebuah milis…….lalu 2 pekan yang lalu, dari milis yang sama juga, ada tawaran untuk menyumbangkan sejumlah uang untuk membantu seorang bapak yang sedang sakit. Aku ingat sudah menuliskan sejumlah uang pada slip setoran bank , dan sampai sekarang slip itu masih ada di mejaku belum sempat aku setorkan ke bank. Jumlah kedua setoran itu…persis 100 ribu rupiah!!!….Subhanallah….ternyata Allah menyelipkan pelajaran berharga dari kejadian ini. Memang sudah seharusnya uang 100 ribu itu hengkang dari dompetku, tapi ternyata aku menunda kebaikan itu. Dan Allah mengambilnya dengan cara yang lain. Ya Allah …bergetar hatiku…astaghfirullah….satu lagi kealpaan yang aku perbuat, dan Engkau memberi sebuah kejadian untuk dapat kupetik hikmahnya.



27 Agustus 2007


Tinggalkan Balasan

