Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Mie Celor mantaaabs…

pada 9 September 2011

Berawal dari postinganku di blogspot tentang perjalanan mudik ke Palembang bersama Kanaya untuk pertama kalinya. Nah aku ceritakan kalo aku ke Palembang pasti mengunjungi Mie Celor 26 ilir yang udah kesohor lezatnya itu, tapi berhubung antriannya puanjaaaang jadi ga beli deh, soale khawatir Kanaya rewel …..iiihikss.. *nangisgulingguling *. Cuma bisa menatap kerumunannya dari kejauhan saja, sambil sesekali mengendus aromanya yang bikin perut kriuk kriuk *mupengsangad *

Diantara blogger yang komentar di postinganku itu kepengen diulas tentang mie celor inih yang sampai bisa bikin aku mabok kepayang. So…. aku ulas deh disini karena blogku di blogspot itu cuma ngulas khusus tentang perkembangan dan keseharian Kanaya.

Jadi mie celor itu sebenernya mie khas Palembang yang disiram kuah santan dengan kaldu udang. Ga tau persis juga gimana bikinnya aku sih cuma bisa makan doang.hehehehe….. Tapi tadi ngubek-ngubek mbah google eh ketemu juga resepnya. Sapa tauk ada yang penasaran dan kepengen bikin sendiri. Cekidot niiih…

BAHAN:

300 gr udang

1 sdt air jeruk limau

250 gr mi telur, seduh

100 gr taoge, seduh

3 btr telur, rebus lalu potong-potong

6 btg kucai, iris halus

5 sdm bawang goreng

Catatan :

  1. Udang dikupas, diambil dagingnya, di potong halus.

  2. Kepalanya diambil disiangi, dan dipecah/digepuk untuk bahan kaldu

BAHAN KUAH:

1250 ml kaldu udang

1 sdm garam

¼ sdt gula pasir

½ sdt merica bubuk

1 sdt air jeruk limau

2 btr telur, kocok lepas

250 ml santan dari ½ btr kelapa

2 sdm tepung terigu encerkan dengan 50 ml air

CARA MEMBUAT:

  1. Aduk udang dan air jeruk limau, diamkan selama 15 menit.

  2. Didihkan 1500 ml air, masukkan kepala udang, angkat.

  3. Ukur kaldunya 1250 ml.

  4. Didihkan kaldu udang, tambahkan santan, garam, gula, merica dan udang kupas, rebus sampai matang.

  1. Masukkan telur mentah sambil diadu

  2. k hingga berbutir-butir, tambahkan air jeruk limau, aduk sampai matang.

  3. Kentalkan dengan larutan tepung terigu sambil diaduk hingga meletup-letup.

  4. Sendokkan mi dan taoge ke dalam mangkuk, tambahkan potongan telur rebus, siram dengan kuah panas.

  5. Taburkan kucai dan bawang goreng. Sajikan.

    Kalo buat aku yang memang jarang masak, tapi cuma doyan makan, bikin mie celor agak ribet suribet. Belom lagi ngolah kaldunya, bikin santannya, hiiiiiii…… *janganditiruemak2pemalas

    Enggak tauk yah kalo mie celor di tempat lain enak atau enggak, tapi aku biasa belinya di Mie Celor 26 Ilir, yang katanya siiiiih ibu Megawati aja kalo ke Palembang juga mampir ke sonoh. Enggak tau bener enggak selama kesana belom pernah ketemu hehehehe…. Tapiii enggak semua orang menyukai mie celor ini, buat ibuku yang asli Jawa rasanya ga mantap di lidah, lebih enak makan nasi pecel gituh…. hihihi. Meskipun kuciwa ga bisa makan mie celor di Palembang tahun ini, tapi tahun-tahun berikutnya mudah-mudahan bisa, semoga warungnya masih buka….. ^_*

Naaah daripada cuma ngebayangin doang ini dia penampakannya…..*ngelaptetesaniler *


http://www.episodekanaya.blogspot.com

Iklan

7 responses to “Mie Celor mantaaabs…

  1. Siti Hamidah berkata:

    ooo..begitu ya penampakannya mie celor…selama ini cuma baca namanya aja kepampang di pinggir jalan… rasanya gimana ya??? *ngebayangin mode on

  2. hanifa syahida berkata:

    klo menurut saya sih uenak buanget… hehehe

  3. haduh….. di mana2 koq bahas makanan. bikin ngiler

  4. hanifa syahida berkata:

    dilap ya mas ilernya jangan sampai ngeces…hehehe

  5. Wadow kayanya enak banget. Sy hobi segala macam olahan mie. Paling sering (kalau pas di Jogja) adalah mie rebus jawa. Kalau di Jakarta ya cukup mie aceh ma mie ayam atau spagheti (kadang2). Mie celor enak kayanya. Kental kuahnya.

  6. hanifa syahida berkata:

    harus dicoba nih mas, mantaab dah pokoke ntar ketagihan deh… saya juga pecinta olahan mie… apalagi kalo mie gratis hehehe

  7. Siti Mawaddah berkata:

    pake udang ya.. aku tak suka udang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: