Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

setahun Kanaya

pada 21 Oktober 2011

Alhamdulillah….

20 Oktober 2011, setahun usia Kanaya Almira Hasna

Tidak ada lilin, kue tart atau kemeriahan pesta ulang tahun anak-anak. ayah, bunda dan mbah mengemas hari istimewa ini dengan untaian doa dan serangan ciuman yang bertubi-tubi. Meskipun bau asem baru bangun dari tidur, tapi tetap paling menyenangkan ciumin pipi, leher, dada dan sekujur tubuhnya (mumpung masih mau dicium..hehehe). Kanaya cuma senyum-senyum kegelian, dan agak bengong lihat pada kumpul semua di kamar.

Ugggh….. mengingat setahun yang lalu, bunda gelisah karena sudah lewat 5 hari dari perkiraan lahir, tapi Kanaya belum mau keluar juga. Kontraksi jarang, air ketuban udah mulai menipis, dan si dede enggak mau turun ke bawah, yaaaah pasrah lah saat harus di operasi Cesar. Enggak sangka aja harus masuk ruangan yang dinginnya ammmpyuuunnnn. Jam 2 siang masuk ruang operasi dan 20 menit kemudian bunda sudah mendengar tangisan Kanaya. Lahir dengan berat 2,95 dan panjang 47 cm, Kanaya tampak mungil, padahal waktu bunda hamil, genduuut banget. Alhamdulillah, Kanaya sehat dengan tubuh normal itu sudah membuat bunda lega.

Sejak sebelum Kanaya lahir, bunda sudah bertekad akan memberinya ASI sampai 2 tahun, insya Allah. Dan sejak itu hari-hari dilalui dengan perjuangan pemberian ASI. ASI yang belum keluar sampai beberapa hari, PD bengkak, puting kena mastitis, Kanaya yang menyusu sampai berjam-jam. Ahh… indahnya menjadi ibu. Meskipun letih dan sempat terkena baby blues, bunda tetap bersemangat belajar menjadi seorang ibu yang baik buat Kanaya.

Alhamdulillah, karena ASI, daya tahan tubuh Kanaya termasuk kuat. Dia jarang sekali sakit. Kalo pilek, bunda cuma jemur di pagi hari dan di beri uap minyak kayu putih. Alhamdulillah tidak lama biasanya sembuh. Perkembangan gerak motorik Kanaya juga bagus, meskipun untuk saat ini belum bisa berjalan sendiri, tetapi sudah merambat dengan berpegangan pada tembok atau sudah bisa mendorong – dorong sepedanya.

Setiap anak punya perkembangan sendiri-sendiri yaa…. meskipun belum bisa berjalan dan giginya baru dua, tapi Kanaya sudah pintar mengucapkan beberapa kata. Yayah adalah kata-kata yang paling sering diucapkan, sambil menunjuk foto ayahnya. Kalau mbahnya tidak ada pun dia sudah bisa memanggil mbbaaahh…. tapi kalo panggil bundanya masih nana. ^_______* (jangan-jangan itu kependekan dari rina…)

Kanaya juga sudah bisa bilang mimik kalo haus sambil menunjuk doidy cup, cangkir favoritnya. Kalo bunda tanya, bunyi sapi bagaimana? Dia bilang mooooo…. lalu tunjuk gambar bebek sambil bilang bekbekbek, tunjuk cicak sambil bilang cekcekcek dan menggerakkan tangannya seperti orang berenang kalo melihat gambar ikan. Lucunya kalo dia melihat gambar anak kecil atau bayi langsung bilang dedek. Lihat fotonya waktu baru lahir pun dia bilang dedek. Pernah suatu hari di ruang menyusui rumah sakit, ada beberapa anak seusia Kanaya sedang menyusu juga, tiba-tiba dia menunjuk anak-anak tersebut sambil bilang dedek. Ibu-ibu yang ada di ruangan itu kontan tertawa. Duuuh nak…. berasa udah jadi kakak yah…..

Sekarang Kanaya lagi seneng ngomong “apa….” Kalo lagi nenen dan denger suara temannya, nenen langsung dilepas dan matanya ke arah bunda bilang “apa”. Mungkin maksudnya “siapa”. Paling senang juga kalo kulkas terbuka, mengacak-acak isinya dan bertanya satu persatu “apa” . Tapi Kanaya paling kesel kalo dia berceloteh dan kita tidak mengerti apa maksudnya. Pernah suatu hari dia mengoceh panjang lebar seperti menginginkan sesuatu, tetapi mbah tidak faham maksudnya, Kanaya langsung tengkurep, kaki dihentak-hentakkan, wajah ditempelkan di lantai dan menangis. Ammmpyuuunnn, anak bunda udah bisa ngambek. Enggak tauk juga ini bakat cerewetnya turun dari siapa, perasaan ayah dan bundanya sih rada2 pendiam gitu deh (perasaaaan….. ) mungkin nurun dari mbahnya…. lhoh!!!

Ada perubahan pada Kanaya yang bikin bunda sweedddiicchh. Kalo dulu setiap bunda pergi ke kantor cuma dadah-dadah sambil senyum-senyum, sekarang Kanaya pasti akan menangis kalo bunda tinggal pergi. Dari mulai bunda pakai jilbab Kanaya tidak mau lepas dari gendongan. Hiks…hiks…. rutinitas pagi seperti ini yang bikin bunda kepengen banget resign. Apalagi mbahnya yang membantu mengasuh sudah mulai beranjak tua, dan bunda tidak berani menyerahkan Kanaya pada asisten tanpa pengawasan (emak-emak trauma liat anak disiksa).

Suatu saat nanti nak…. bunda akan selalu berada disampingmu, melewati hari bersama, menyaksikan tumbuh kembangmu, dan mendidikmu dengan waktu yang cukup. Suatu hari, insya Allah mimpi bunda akan terwujud… aamiin

Sudah setahun Kanaya bersama kami, iringan doa dari ayah, bunda, mbah, om , tante dan orang -orang yang menyayangimu dengan tulus. Semoga Kanaya semakin solehah, cerdas, pintar, sehat dan kelak banyak memberi manfaat buat orang lain. Semoga ayah dan bunda diberi juga kemampuan untuk mendidik dan menjaga amanah istimewa dari Allah ini. Aamiin.

Hari ini setahun yang lalu….

ada nyawa yang dipertaruhkan

ada tangis yang tak tertahan

ada banyak cinta yang menghambur

untuk seseorang yang begitu dinanti selama 4 tahun perjalanan

Hari ini mengingat satu tahun berlalu

ketika engkau dipelukku untuk yang pertama kali

ketika tangan mungilmu menggenggam jari rapuhku

ketika lantunan tasbih, takbir, tahmid dan tahlil menggema di ruang hati

menyesakkan dada hingga tak mampu kata terucap

Hari ini tahun berlalu dalam rentang sebuah perjalanan

tak pernah henti rasa syukur yang selalu meraja

atas kucuran nikmat yang tak bisa terbendung

untuk sebuah amanah yang tidak sederhana

mampukan kami ya Rabb….

menjaganya, membimbingnya, mendidiknya dengan cahaya dariMU

setahun usiamu cinta, ….

lukiskan jejak berarti dalam setiap langkah kecil kakimu

bunda akan iringi dengan doa yang sungguh

agar setiap nafasmu selalu mengalir makna….

20 oktober 2011









Iklan

2 responses to “setahun Kanaya

  1. semoga kanaya jadi anak yang sholihah . aamiin

  2. Julie Utami berkata:

    Cantik……… semoga hatimu secantik parasmu. Semoga jadi anak berguna dan selalu keberkahan ya nak. Selamat naik usia, selamat segala-galanya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: