Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Ada Apa dengan angka 13

pada 6 Maret 2012

Seorang teman, tampak resah karena mendapati nomor kepegawaiannya ada angka 13 nya. Dia sibuk melobby kesana kemari supaya nomornya bisa berubah ke angka selain 13. Tentu saja akan sulit dirubah karena nomor kepegawaian itu dibuat secara sistem karena berurut dengan nomor sebelumnya. Pokoknya harus dirubah, saya enggak mau pakai angka 13. Duh, percaya banget kalao angka 13 itu akan membawa sial.

Saya hanya menggeleng-gelengkan kepala melihat keteguhan sikapnya. Ternyata masih ada ya, orang yang hidupnya di kota besar, pergaulan luas, memakai hijab, pendidikan tinggi pula, masih saja punya pikiran yang agak nyeleneh. Orang seperti itu justru mempersulit diri sendiri. Terbayang kalau di setiap tempat yang diharuskan menggunakan nomor dan terdapat angka 13 dia akan menolak. Misalnya ingin berangkat menunaikan ibadah Haji kemudian mendapat nomor urut 13, apa iya terus enggak jadi berangkat?

Saya jadi teringat beberapa gedung pencakar langit di pusat kota Jakarta yang juga tidak menggunakan nomor 13 untuk nama lantainya. Jadi, dari lantai 12 langsung ke lantai 14. Sampai seperti itukah kepercayaan pihak gedung tentang sialnya angka 13? Duh… kasihan bener angka 13 dijadikan kambing hitam, bagaimana kalau ada seorang anak yang lahir tanggal 13 ya, apa dia mau protes sama Allah yang telah menakdirkannya lahir pada tanggal itu?

Dalam Islam, segala bencana dan marabahaya itu datangnya dari Allah bukan dari angka 13. Perbuatan atau anggapan sial seperti itu termasuk kesyirikan dan sebenarnya tidak ada pengaruhnya dalam menarik kemanfaatan atau menolak kemudaratan, karena tidak ada yang memberi, yang menolak, yang memberi manfaat dan memberi mudarat kecuali Allah Subhanahu wa Taโ€™ala.

โ€œJika Allah menimpakan kepadamu kemudaratan maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia dan bila Dia menghendaki kebaikan bagimu maka tidak ada yang dapat menolak keutamaan-Nya.โ€ (Yunus: 107)

Iklan

16 responses to “Ada Apa dengan angka 13

  1. Siti Hamidah berkata:

    angka 13? biasa aja tuh. Nomor kepegawaianku yang lama juga pake angka 13 dibelakangnya..tapi so far so good tuh…bahkan saat skrg diganti dg nomor kepegawaian yg baru jadi agak sedih…bukan apa2, soalnya nomor yang lama lebih simple dan gampang diingat ๐Ÿ™‚

  2. fika ummifarah berkata:

    adekku lahir tgl 13 ๐Ÿ˜€

  3. kalau teman mbak dapat gaji ke-13 diterima nggak, mbak?

  4. Nunk Subarga berkata:

    dooh siapa sih teman nya itu?….

  5. hi hi hi …
    sepertinya tidak mungkin ditolak … he he he …

  6. senang membaca jurnal ini …

  7. Siti Mawaddah berkata:

    itu biasanya Chinese mbak… orang CHina memang punya kepercayaan yang kuat ttg angka 13… dan ada lagi angka berapa ya… angka 3 juga deh kalo gak salah jadi kalo urutan, jadi 1, 2, 2A, 4

  8. APRILLIA EKASARI berkata:

    msh ada aja yg percaya klo 13 angka sial hehe

  9. hanifa syahida berkata:

    iya yah… kenapa mesti heboh yaa.. lha buktinya gak kenapa kenapa kok

  10. hanifa syahida berkata:

    tapi ga pakai protes kan … heehe

  11. hanifa syahida berkata:

    kalo ga diterima yaa buat saya ajah… hehehe

  12. hanifa syahida berkata:

    namanya ******* nahh… tebak deh mba nung

  13. hanifa syahida berkata:

    klo duit sih ga mungkin nolak yaa… hehehe

  14. hanifa syahida berkata:

    ooh gitu yaak…. kepercayaan jawa sepertinya ada juga mbak… krn temenku ini wong jowo

  15. hanifa syahida berkata:

    aku juga binun jama se modern ini masih adaaa aja….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: