Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Be a Good Parent bag 2

pada 5 Oktober 2012

Masih edisi parenting nih, melanjutkan postingan sebelumnya, mumpung lagi semangat berbagi ilmu. Semoga ada manfaatnya yaa….

Ketika aku menyandang status baru sebagai orang tua dari seorang puteri mungil, maka sejak saat itu enggak ada kata berhenti untuk terus belajar. Bahkan dari sebelum menikah pun aku sudah melahap berbagai buku parenting dan perkembangan anak-anak. Sempat ga suka sama dunia anak-anak karena ribet dan aku bukan type orang yang sabar menghadapi anak-anak.

Tetapi setelah hijrah, mengenal Islam secara mendalam dan membaca kisah Rasulullah, pikiran dan hatiku terbuka lebar. Gimana enggak takjub, Rasulullah yang seorang kepala negara, yang kesibukannya luar biasa aja setiap hari selalu menyempatkan diri bercanda dengan anak-anak. Bahkan beliau sering membiarkan anak-anak kecil naik ke punggungnya.

Mulai saat itu aku mulai belajar menyukai dunia anak kecil, sekaligus persiapan juga menjadi seorang ibu. Nah salah satu buku yang aku beli sebelum menikah itu berjudul 25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak karangan M Rasyid Dimas, penerbit Robbani Press. Buku ini aku beli tahun 2002 saat ada Islamic Book Fair di Senayan.

Pekan kemarin saat Kanaya tidur, aku sempatkan kembali membaca buku ini. Iseng-iseng aku foto dan pasang picnya di PP BBM. Ehhh, kok ya banyak komentar berdatangan, salah satunya mengira aku menjual buku tersebut, hehehehe….. Yah beginilah diriku yang sudah identik dengan OLS majang barang apaan aja dikira jualan.

Ada salah satu teman yang komentar pengen tahu apa isi bukunya dan minta aku menceritakan. Waduuuh, bisa keriting deh jariku ngetik di BB. Tapi karena dengan semangat berbagi aku menjanjikan membuat ringkasan sederhana tentang buku ini di blog, supaya bisa dibaca orang lain juga.

25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak

1. Bersahabatlah dengan anak dan jadilah teladan. Faktor keteladanan mempunyai pengaruh yang besar terhadap jiwa anak.

2. Tunaikan hak-hak anak dengan berempati, memahaminya dan menasehati jika ada kesalahan

3. Gembirakan dan hiburlah hatinya karena akan memudahkan anak menerima masukan apa saja

4. Gunakan cara “siapa menang dia dapat”. Dengan kompetensi ini akan membangkitkan potensi potensi terpendam

5. Bercengkrama dengan anak dan berilah mainan untuk merangsang krativitasnya

6. Gunakanlah metode : “apa yang menghalangimu untuk mengatakannya” jadi anak diberikan kebebasan berekspresi untuk memberikan motivasi dalam dirinya.

7. Tumbuhkan rasa percaya diri. Memuji anak itu tidak perlu membayar kan maka pujilah anak anda untuk memberikan rasa percaya diri, tentunya pujian secara proporsional

8. Menggunakan metode “kamu anak yang paling baik “ juga untuk memotivasi.

9. Memotivasi untuk kebajikan dan memperingatkan bahaya keburukan.
10. Biasakanlah kebajikan karena kebajikan adalah kebiasaan
11. Perhatikanlah kecenderungannya
12. Memilih waktu yang tepat untuk menasehati, seperti saat rekreasi, makan, atau waktu sakit.
13. Bertahap dalam menyampaikan nasihat, tugas, dan perintah.
14. Berbicara ters terang dan tidak bertele-tele.
15. Berbicara sesuai dengan tingkat intelektualitasnya.
16. Gunakan metode, “Apakah kendalamu nak?”
17. Latih dan latihlah ia, seperti dengan memberinya tugas ataupun yang lainnya.
18. Menuntun anak kepada sosok Rasulullah saw. sebagai teladan
19. Mendengar reflektif, yaitu dengan menghargai persaannya, menyimak apa yang ia katakan ataupun yang lainnya.
20. Do’akan untuk kebaikan, bukan keburukan.
21. Mendidik dengan kasus.
22. Isi waktu luangnya dengan hal-hal yang bermanfaat.
23. Perbanyak kegiatan yang mengembangkan kecerdasan, baik dengan permainan, cerita ataupun dengan yang lainnya.
24. Mendidik dengan nasihat.
25. Gunakanlah kisah dalam menanamkan nilai dan keutamaan.

12 responses to “Be a Good Parent bag 2

  1. Ummi Nabil berkata:

    punya bukunya deh kayanya, tapi covernya beda

  2. craft4kidz berkata:

    Menarik isi bukunya untuk para pendidik seperti sy..
    Thanks for sharing..Bunda

  3. mama-nya Kinan berkata:

    hmmm bagus banget mbak…waduh aku ijin copas dan masukkan ke note buku besar parenting ku neh…untuk ringkasannya itu yah..boleh kan???
    aku juga lagi gundah dan galau…soal bagaimana seharusnya mengajaknya bermain dan belajar yang menyenangkan dan tidak membuat beban …..:) wah dengan baca ini jadi sedikit pencerahan neh…thanks yah mbak rina..
    inilah gunanya ngeblog dan berbagi ilmu parenting yah..yippie satu manfaat didapat lagi…daripada ngerumpi ngalor ngidul dan saling pamer…*walah jadi curcol lagi..disini emak emak ada yang bikin grup rumpi soalnya…hmm biarlah kalo ane jadi bahan rumpian..dosanya bisa berkurang kan mbak kalo dirumpikan hehehee….walah bener bener Out out topic neh jadinya…
    jazakillah mbak..

    • rinasetyawati berkata:

      alhamdulillah senang kalo ada manfaatnya …. aku juga banyak belajar dari mama Kinan niy secara udah duluan punya anak…. iya inilah salah satu berkah ngeblog punya abnyak teman, banyak ilmu dll yg positif, yg rumpi2 silahkeun aja… mau doong di rumpiin… lhooooo

  4. BunDit berkata:

    TFS bun. Sebagai orangtua emang harus terus belajar untuk menjadi a good parent 🙂

  5. Abi Sabila berkata:

    Sebagai orang tua – yang benar-benar sudah tua – saya juga merasa harus terus belajar banyak hal, termasuk bagaimana menjadi orang tua yang baik dan benar ( bagi anak-anak ). Terima kasih ilmu yang bermanfaat ini, Mbak Rina.

  6. lina ady berkata:

    makasih mba sangat bermanfaat sekali,udah aku print n mau aku tempel di pintu lemari ni mba suapaya bisa sering2 dibaca aku n suami.

Tinggalkan Balasan

