Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Nasihat Terbaik

pada 8 Februari 2013

Ust Abdullah Gymnastiar :

Sebaik-baik hadiah yang diberikan seseorang kepada saudaranya adalah nasihat yang baik.

Senangnya ya kalau ada orang tua, guru, sahabat atau orang – orang di sekeliling kita memberi nasihat yang baik. Terasa banget betapa perhatiannya mereka sama kita, dan benar kata Aa Gym nasihat yang baik itu seperti hadiah yang tak ternilai.

Kalau orang tua sih, dari kita masih kecil udah wara wiri kasih nasihat. Dari nasihat yang makjleb masuk ke hati , nasihat yang hapal karena saking seringnya, sampai nasihat yang mampir ke kuping kiri, celingukan di tengah, trus numpang keluar lewat kuping kanan. Itu mah saya yak, jangan diitiru, maklum masih jadi bocah yang mencari jatidiri. Masa lalu yang kadang suka malu sendiri kalau mengingatnya.

Dulu almarhum papa saya yang paling sering kasih nasihat. Saya dan adik-adik dikumpulin disuruh duduk rapih dan dinasihati segala macam. Biasanya sih kalau habis berantem atau enggak disiplin sama aturannya papa. Nah disini jadi tipis bedanya antara dinasihati atau dimarahi hehehe. Sekarang baru terasa saat papa ga ada, segala nasihatnya banyak benarnya. Ihiks…

Tapi dari sekian banyak nasihat yang saya terima, ada satu nasihat dari mantan bos yang sampai sekarang masih teringat dan malah jadi motivasi setiap kali saya mendapat masalah dengan seseorang. Bukan bermaksud untuk menyepelekan nasihat-nasihat penting yang lainnya, tapi nasihat dari si bapak ini benar-benar terbawa terus dalam ingatan.

Jadi, waktu saya masih berada disebuah divisi yang dipimpin si mantan bos ini, ada sebuah kebijakan dari big bos yang membuat saya dan teman-teman merasa demotivasi. Semangat kerja jadi berkurang dan setiap hari kami jadi sering mengeluh. Pak bos yang memang sangat perhatian dengan bawahannya ini, mengumpulkan kami semua di sebuah ruangan dan mulai mendengarkan satu persatu keluhan kami yang intinya sangat kecewa dengan big bos kami.

Nasihatnya saat itu tidak panjang lebar, dia hanya berkata,

Jangan pernah berharap kepada manusia karena kamu pasti akan kecewa, berharaplah kepada Allah maka kamu tidak akan kecewa

Sebenernya saya sudah sering mendengar kalimat itu tapi mungkin karena suasana hati sedang mendung dan memang sedang butuh nasihat, jadi tausiyahnya begitu nancep di hati. Ajaib, besoknya saya dan teman-teman kembali semangat lagi. Memang tidak pantas bergantung kepada manusia, lha manusia aja masih bergantung sama Allah kok, * edisi solehah ^___ *

Sejak saat itu, setiap saya sedang bermasalah dengan orang lain atau sedang merasa kecewa dengan sikap orang lain,  saya selalu ingat kata-kata dari mantan pak bos itu. Apa masalahnya jadi selesai?, ya enggaklah… xixixi, tapi setidaknya saya segera sadar bahwa manusia itu tidak semuanya bisa diharapkan sesuai dengan keinginan kita. Hanya Allah satu-satunya yang pantas jadi pengharapan dan yakin seyakin yakinnya pengharapan kepada Allah satu-satunya pengharapan yang tidak pernah mengecewakan.

Posting ini diikutsertakan pada Give Away Perdana Dellafirayama, seorang ibu labil yang tidak suka warna hijau dan hitam

Iklan

24 responses to “Nasihat Terbaik

  1. adepipit berkata:

    hiksss…pas galau pas baca tulisan ini. Allah Maha Segalanya. Thanks jeng …

  2. della berkata:

    Wah, makasih Rin, nasihatnya aku ingat baik-baik 🙂
    Sudah dicatat, ya. Moga menang 😉

  3. Lidya berkata:

    nasihatnya dari ayahnya ya bun, aku juga ada beberapa nasihat dari bapakku. semoga sukses ya dengan GAnya, aku belum publish nih

  4. lulu berkata:

    sukses dg GA nya mbak 🙂

  5. Orin berkata:

    Ihiks…skrg aku lg demotivasi jg nih mba sm si bos, terima kasih nasehatnya ya…

  6. Ceritaeka berkata:

    Semoga menang GA-nya mbak 🙂
    Daku sendiri seneng banget nasihat dari ayahku, hidup adalah perjuangan. Hehe.

    Salam kenal sesama anggota KEB, mak! ^_^

  7. niccaniez berkata:

    Hiks…hiks…,*meras handuk* saya terharu dengan nasehat itu…,benar banget jika semuanya kita serahkan pada Allah SWT, tinggal kita sebagai umatNya berusaha,tawakal,dan berdoa. yakinlah Allah akan membukakan jalan terbaik untuk hamba-hambaNya.amin.

  8. niken berkata:

    Kayaknya kunjungan perdana ya saya kesini…
    Salam kenal ya mbak…

    Nasehat yang amat berakhlakul kharimah… Sebab kalau kita jalankan dengan sebenar-benarnya, maka hidup kita akan terfokus pada mencari ridha Allah…

  9. deva berkata:

    samaan ni ikut GA Della juga hihi… smoga kita sama2 beruntung 😉

  10. rina susanti berkata:

    nasehat yangs ama sering saya dengar juga mba….Jangan pernah berharap kepada manusia karena kamu pasti akan kecewa, berharaplah kepada Allah maka kamu tidak akan kecewa….tapi ya kadang masih berharap sesuatu kebaikan/balasan pada manusia, ikhlas itu perlu usaha lebih ternyata…btw, semoga sukses ga nya…

  11. lovelyristin berkata:

    Nasihat yg manjur tuh.. Walau kadang2 nasihat terdengar klise, tp sbnr nya bener adanya di dlm kehidupan ini ya mbak.. Smoga giveawaynya menang yaaa

  12. bemzkyyeye berkata:

    sukses mak GA nya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: