Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Buku-buku itu…..

pada 27 Februari 2013

Bismillahirohmanirrohim

Sejak bisa baca aku sudah mulai jatuh cinta dengan buku. Buku apa saja yang ada di rumah pasti aku baca.Β  Maklum lagi semangat-semangatnya baca, apa saja yang bentuknya tulisan wajib dibaca dan itu tidak hanya buku. Dulu pernah diajak ke rumah saudara naik bis, di sepanjang jalan aku baca satu persatu tulisan di papan reklame, spanduk, sampai coret-coretan anak sekolahan di dalam bis. Mending yaa…. bacanya dalam hati, ini satu bis denger semua. Wkwkwkwk….

Sering juga kalau lagi bantuin mama masak di dapur (pencitraan anak rajin πŸ™‚ ) bungkus cabe bawang yang dari majalah atau koran ikut jadi bahan bacaan, dan paling geregetan pas ada cerita yang seru eeeh terpotong karena kertasnya sobek. Penasaraaaaaaaan banget itu endingnya gimana.

Berhubung dulu ortu kurang mendukung minat bacaku dan karena alasan ekonomi juga, jadi jarang banget dibelikan buku. Nah sepupuku sebaliknya, di rumahnya bertaburan buku-buku keren dan majalah anak-anak. Jadi kalau lagi main ke rumahnya, langsung mojok cari posisi uenak untuk baca-baca sepuasnya.

Aku suka buku-buku cerita tapi paling males baca buku pelajaran. Jangan ditiru ya adik adik . Apalagi baca buku sejarah yang tebel-tebel itu, prinsipnya ga suka sejarah karena punya motto hidup,Β  yang lalu biarlah berlalu Pernah suatu hari saat jam belajar di rumah, aku pura-pura baca LKS yang bukunya besar itu. *eh zaman sekarang masih ada gak sih LKS? Ketawan tuirnya deh. Papaku yang sangat galak disiplin itu mengawasi dari seberang meja. Tekuuun amat nih anak… papa ga tau di dalam LKS itu ada buku komik favoritku. Hihihiii….. bandelnya dirikuw….. semoga nanti Kanaya ga ikutan kaya bundanya.

Saking sukanya baca, kalau anak-anak lain cita-citanya pengen jadi dokter, tapi kalau aku malah punya cita-cita pengen jadi loper koran atau jualan majalah, buku, di pinggir jalan. Alasannya biar setiap hari bisa baca gratis. Secara punya pengalaman buruk dipelototin pak satpam gegara baca buku lama banget di Gramedia tanpa membeli. Pernah terbesit juga pengen jadi penjaga perpustakaan etapi klo dipikir-pikir lagi emang yang jagain perpustakaan kerjanya cuma baca doang, kan mereka banyak yang dikerjain. Ealaaah namapun pemikiran bocah yaaa….

Saat dewasa dan udah bisa cari uang sendiri, nafsu belanja buku sudah tidak bisa terbendung lagi. Setiap bulan selalu menyisihkan uang gaji untuk membeli beberapa buku. Aku paling suka sama buku-buku psikologi, buku motivasi, kisah nyata dan buku yang ceritanya lucu-lucu. *kode nih buat yang mau kadoin buku xixixi. Saat usia menjelang pernikahan, meskipun saat itu belom ada jodohnya, sudah mulai suka baca-baca buku tentang pernikahan dan parenting.

Setiap hari aku selalu berusaha membaca beberapa lembar buku. Kalau yang bukunya agak serius bisa beberapa hari baru tamat, tapi kalau yang bukunya menghibur dan ada unsur detektifnya biasanya langsung dilahap sampai halaman terakhir. Nah , kebiasaan baca buku setiap hari ini yang sekarang sudah mulai ditinggalkan, alasan klise sih, repot bagi waktu untuk keluarga. Sudah diniatkan mau istiqomah baca buku setiap suami atau anak sudah tidur, etapi mereka tidur, eike pun ikut menyusul juga ke alam mimpi cencunya.

Bulan Maret ini seperti tahun tahun sebelumnya, ada Islamic Book fair lagi di Senayan. Udah 3 tahun euy sejak hamil Kanaya, aku tidak kesana lagi. Dulu sih setiap ada book fair pastilah aku datang, karena book fair itu seperti surganya pecinta buku. Bukunya buanyak, beraneka ragam dan yang paling penting diskonnya lumayan. * pecinta diskonan. Enggak pernah kapok datang ke sana meskipun pernah kejadian ngeborong buku sampai kalap abis ratusan ribu, sampai akhirnya pas tanggal 10 cuma bisa manyun karena duit gajian udah abis.

Saking banyaknya buku-buku hasil dari memuaskan hawa nafsu itu, rumah jadi berantakan karena ada buku nyempil dimana-mana, akhirnya beli 2 rak buku dan terisi penuh. Karena terbatasnya ruang, akhirnya ruang tamu disulap jadi perpustakaan pribadi yang mungil. Kalau ada teman-teman atau saudara yang datang nggak usah pakai disuruh, langsung pada milih sendiri-sendiri buku yang pengen dipinjam. Enggak bisa melarang lah kan diriku peri baik hati yang tidak sombong hehehehe. Sekarang rak buku nyaris setengahnya melompong, entah bertebaran dimana buku buku itu. Kembalikan bukuku… kembalikaaaaaaaann. *mulai histeris karena tidak bisa mengingat siapa saja yang pinjam bukuku.

Jadi ini postingan panjang lebar intinya cuma mau ngingetin yang pernah pinjem buku ayo balikin …. hehehehe.

Ya sutralah….. buat teman-teman yang kepengen datang ke Islamic book fair jangan lupa catat tanggalnya 1-10 Maret 2013 diΒ  Istora Senayan Jakarta . Discountnya gede-gedean lho…. selamat belanja buku yaaaa……

115

gambar dari sini

Iklan

34 responses to “Buku-buku itu…..

  1. Orin berkata:

    mihihihihi…sama nih mba, minjemin buku kadang suka ga balik lg ya πŸ˜€

  2. Ely Meyer berkata:

    Sayang tempatnya jauh

  3. Ika Koentjoro berkata:

    Wkwkwk, tulisan yang terakhir ga’ nguatin. Ayo yang pada pinjem, ndang balek no πŸ˜€

  4. yeye berkata:

    hahaha aku klo punya buku itu slalu d rawat, klo ada yg mau minjem aku wanti2 bqt jgn smpe rusak ato lecek krn aku mls liat koleksi buku ku lecek hahaha parah yah aku mah hihihi

    • rinasetyawati berkata:

      iya ye, aku pun rapi banget sama buku, klo setiap beli disampul plastik, trus halaman belakang ditulisin segera balikin klo dah selesai baca, teuteup ajaaa… ga dibalikin….

  5. jampang berkata:

    tapi kan…. like mother like daughter πŸ˜€

    saya dulu paling suka buku pelajaran bahasa indonesia bagian belakang…. karena di situ ada cerita atau dongeng…

  6. lulu berkata:

    bagian baca papan reklame di bis sampai semua penumpang denger….aku…akuuuu….
    bagian suka baca bungkus bawang dan sebel kalau lanjutannya kepotong…..aku….akuuu….
    bagian gak suka baca buku pelajaran…aku….akuuu…….

    eh tapi, kok sekarang aku lebih milih beli DVD ya mbak dibanding buku, hehehehe

  7. Bibi Titi Teliti berkata:

    Buuuun…
    aku juga sukaaaa banget baca buku…
    terutama Agatha Christie ama Sophie Kinsella *kode juga kalo mau kadoin*..hihihi…

    cita2nya jangan loper koran atuh Bun…
    penjaga di gramedia aja lah yah…hihihi…

    • rinasetyawati berkata:

      nah iya itu mbak salah satunya cita citaku, pengen jadi penjaga toko buku, etapi malah ga bisa baca ntar diomelin bosnya … *kode2nya dicatat dan langsung serahkan ke abah… hihihihi

    • rinasetyawati berkata:

      nah iya itu mbak salah satunya cita citaku, pengen jadi penjaga toko buku, etapi malah ga bisa baca ntar diomelin bosnya … *kode2nya dicatat dan langsung serahkan ke abah… hihihihi

  8. adepipit berkata:

    Jadi inget , dulu …. # dulu banget # pasti kalo ngisi diary teman, pas kolom hoby di tulisnya ” membaca ” …………. he he he. Coba sekarang , jawabannya pasti kalau ngga travelling, shoping, browsing sama chatting # aduh aku banget deh # hhhhhhhhhhhhhh . Boleh juga infonya tuk Islamic book fair * siapa tahu ada waktu kesana (Insya Allah). Bay the way ” LKS ” masih ada loh …………

  9. mimi berkata:

    ehhh kebiasaan yg sma tuh bun,,bungkus cabe aja wlo ga ada berita bagus tetap aja dibaca, suka minjem krn emg ga kebeli buku2 spt itu…..
    sekarang hilang sendiri selera bacanya…hedeeuuuuhhh

  10. bundamuna berkata:

    kebanyakan blogger itu selain suka nulis, biasanya emang pd suka baca ya mbak… hehe

    tiba-tiba jd inget di rak buku ada satu buku yg ada capnya perpus kampus *eh πŸ˜€

  11. ulch berkata:

    Sama mbak, aku juga lumayan suka baca buku, untungnya sekarang sudah banyak ebook, jadi bisa ngirit πŸ™‚

  12. dyah hf berkata:

    Tersindir sama kalomat terakhir saya mah :p

    Salam kenal mbak :))

  13. itsmelail berkata:

    tok tok tok,,
    assalamualaikum,, *berkunjung ke rumah mba Rina (sekalian mo pinjem buku :-D)

  14. Dewi berkata:

    Bunda Kanaya, saya jg suka sekali baca buku, terutama buku2 detektif. Dari sy SD bukunya Lima Sekawan sampai skrg Agatha, Sidney Sheldon en Harry Potter πŸ™‚
    Salam kenal Bun πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: