Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Review Buku : Cerita di Balik Noda

pada 4 April 2013

1359621710613_BukuCeritadiBalikNoda

Judul Buku       : Cerita di Balik Noda

Penulis              : Fira Basuki

Penerbit            : PT Gramedia

Cetakan            : Pertama, Januari 2013

Jumlah halaman : 235 halaman

Dunia cuci mencuci baju kotor itu selalu melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Entah laki-laki atau perempuan, anak kost, sampai pak presiden pun mungkin pernah juga merasakan aktivitas mencuci baju.

Selagi masih ada baju kotor itu pertanda kita seseorang yang aktif mengambil peran. Seringan ringannya aktivitas kita, pasti akan menimbulkan efek pada pakaian yang kita pakai. Meskipun kegiatan kita sehari hari hanya duduk manis di ruangan yang ber AC, tetap akan ada keringat kan. Apalagi buat ibu-ibu yang punya buah hati seperti saya, urusan baju kotor sudah menjadi menu sehari hari.

Kisah-kisah inspiratif “berani kotor itu baik” dirangkum dalam sebuah buku “Cerita di Balik Noda” karangan penulis terkenal Fira Basuki. Beliau menuliskan kembali cerita-cerita dari para pemenang lomba menulis yang beberapa waktu lalu diselenggarakan oleh Rinso.

Sebagai seseorang yang sudah lama bergelut di dunia tulis menulis dan banyak menghasilkan karya yang menakjubkan, tentu tulisannya di buku ini juga akan berkualitas. Karena itu saya tertarik membaca buku ini dan benar saja, saya menemukan banyak kisah inspiratif disini.

Dari beberapa tulisan di buku ini, ada satu tulisan yang sangat berkesan bagi saya, yaitu Bos Galak. Kisah ini menceritakan tentang seorang bos yang sangat disegani oleh bawahannya karena wataknya yang sering marah-marah. Semua orang tidak ada yang berani menghadapinya, tapi kemudian hadir seorang Rani yang mengungkap latar belakang Bu Elsi si bos galak. Di kejutan ulang tahunnya, Bu Elsi akhirnya mengakui bahwa dia berubah menjadi bos yang galak karena pelampiasan kesedihannya. Anak satu-satunya meninggal di usia 10 tahun dan kejadian itu membuatnya tertekan.

Setelah terungkapnya kisah Bu Elsi, para bawahannya memaklumi sikapnya selama ini. Suasana kejutan ulang tahun menjadi lebih cair saat salah satu dari mereka secara tidak sengaja mengotori baju Bu Elsi dengan kue tart. Tidak ada kemarahan karena kejadian itu, Bu Elsi justru tersenyum dan berakhir sudah suasana kantor yang mencekam.

Saya menyukai semua cerita-cerita di buku ini, karena kisahnya sangat menyentuh hati. Apalagi gaya penulisan mba Fira yang memang enak dibaca, tidak kaku dan membuat pembacanya ingin mengetahui isinya sampai akhir.

Tapi ada sesuatu yang kurang mengena di hati saya saat melihat covernya. Terlalu sederhana untuk tulisan-tulisan yang istimewa. Mungkin pemberian banyak warna dan gambar-gambar natural membuat pembaca lebih bersemangat lagi.

Secara keseluruhan buku ini bagus, dan sangat pas untuk menjadi koleksi perpustakaan mini di rumah kita. Setiap cerita inspiratifnya akan membuat kita berselancar mengetahui sisi lain dari arti “Berani Kotor itu Baik” .

Postingan  Cerita di Balik Noda dan Berani Kotor itu Baik  ini diikutsertakan dalam Kontes Ngeblog Review Buku “Cerita Di Balik Noda” yang diselenggarakan oleh KEB bekerjasama dengan Rinso.

logokeb2013small

Iklan

30 responses to “Review Buku : Cerita di Balik Noda

  1. Lidya berkata:

    lagi-lagi cover ya bun, terlalu biasa ya 🙂

  2. danirachmat berkata:

    semakin pengen beli bukunya deh Mba. Banyak yang review. Hehehe. Semoga sukses ya Mba RIna kontesnya.. 🙂

  3. ceritasofi berkata:

    Sukses untuk kontesnya ya mbak…..^_^

  4. Evi berkata:

    Banyak blogger yg ikut review buku ini. Semoga Mbak Rina menang 🙂

  5. Ika Koentjoro berkata:

    Sukses untuk kontesnya 🙂

  6. mama hilsya berkata:

    kenapa tiba2 langsung inget cucian ya Rin?
    asli ga nyambung banget, hihihi

  7. della berkata:

    Menurutku malah covernya udah nendang banget, Rin. Latar putih, terus ada yang tumpah gitu, kan? 🙂
    Sukses ya ngontesnya 🙂

  8. Tebak Ini Siapa berkata:

    Hihihi kalau covernya aku malah suka… Cuma beberapa teman yang kutanya katanya ceritanya ngebosenin hmmm…
    Aku belum baca nih 😀

  9. Nchie Hanie berkata:

    Justru kenapa beda ma aku ya..
    suka covernya sederhana< putih coklat..
    identk dengan noda deh..

  10. Lyliana Thia berkata:

    Dimana2 liat review buku ini..

    Mbak Rina, bagus2 ya ceritanya..? Jd pengen punya 😀

    Sukses dgn kontesnya yah mbak…

    Mudah2an gak ada bos galak di kantor mbak Rina.. Hihihi…

  11. Astin Hidayat berkata:

    Sepanjang jalan-jalan, cover yang jadi bahan penilaian ya Mba…

    salam kenal

  12. Andy berkata:

    di twitter juga ramai yang ikut lomba ini, aku denger2 begitu
    jd pasti peserta yang ikut GA ini, membeludak, tp tetap optimis mba 🙂

  13. kalau saya kok malah suka sama covernya… kesannya elegan. hehehe…
    Sukses ya mak…

  14. duniaely berkata:

    semoga menang kontesnya ya mbak 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: