Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Semangat Bisnis Lagi

pada 24 Mei 2013

 

Dunia bisnis bagi saya sebenarnya bukanlah hal yang asing, sejak SMP ayah saya sudah membiasakan untuk bersinggungan dengan bisnis. Waktu itu ayah membuka warung kecil di depan rumah, dan saya punya tugas mengelola keuangannya yang tentu saja masih tetap dibantu oleh ayah.

Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan bisnis. Kalaupun saat SMP itu saya tetap menggeluti toko kecil keluarga, itu semata-mata saya tidak bisa menolak keinginan ayah. Jadi bukan atas keinginan sendiri. Setelah Ayah saya sakit dan meninggal, toko itu akhirnya ditutup karena saya sibuk dengan kuliah.

 

Saya tidak menyadari ternyata memang bakat berbisnis ayah itu menurun pada saya. Saat kuliah saya mulai menjual beberapa pernik-pernik yang saya buat sendiri. Saya pernah membuat stiker dengan kata-kata lucu, atau membuat pembatas buku dari kertas warna-warni yang dilaminating dan dibolongi ujungnya untuk memasukkan pita. Customernya sebagian besar teman-teman kuliah. Hasil dari penjualan kerajinan tangan itu memang tidak banyak, saya hanya merasa puas saja apabila bisa menghasilkan sebuah karya dan tidak terlalu berambisi untuk bisa menghasilkan uang. Padahal kalau diseriusi bisa saja keisengan saya itu menghasilkan uang yang lumayan.

 

Setelah lulus kuliah, bekerja dan kemudian menikah, dunia bisnis benar-benar tidak pernah terpikirkan lagi oleh saya. Sampai akhirnya saya punya anak dan pikirannya saya langsung kembali ke dunia bisnis setelah menyaksikan betapa lucu-lucunya perlengkapan anak – anak. Dari mulai buku, pakaian, mainan dan segala hal yang berhubungan dengan anak membuat saya tertarik untuk berbisnis.

 

Mulailah saya berjualan online, dengan membuat website gratisan yang sekarang ini sudah ditutup oleh pemiliknya. Ternyata seru juga ya jualan online, ini benar-benar dunia bisnis yang baru bagi saya. Saya banyak belajar dari pengalaman menghadapi customer yang tidak hanya dari wilayah terdekat saja tapi sampai melintasi pulau.

 

Banyak barang yang saya jual online saat itu. Semuanya masih berhubungan dengan anak-anak. Dari mulai buku, pakaian, sampai bak mandi anak saya jual. Takjub, ternyata meskipun banyak competitor di bisnis online, tetap saja barang yang saya jual banyak peminatnya. Saya pernah kewalahan menanganinya terutama menjelang lebaran. Apalagi saya masih berstatus karyawan dan mengurusi si little princess. Membagi waktu dengan seimbang menjadi sesuatu yang sangat sulit.

 

Saat sedang sibuk dengan dunia online itu, suami saya membuka toko offline yang menjual pakaian muslim anak dan dewasa. Semakin padatlah waktu saya karena harus membantu pengelolaan toko offline ini. Saya pernah sampai sakit karena terlalu lelah.

 

Akhirnya toko offline yang dikelola tidak secara maksimal itu harus ditutup, karena suami mendapat tugas pekerjaan di Palembang dan saya tidak sanggup harus menghandle semua bisnis ini sendirian. Sedih sekali saat itu karena tutupnya toko hampir berbarengan dengan ditutupnya website tempat saya berjualan online. Saya sempat tidak melakukan bisnis apa-apa selama beberapa bulan, tapi akhirnya bangkit lagi dengan fokus menjual buku-buku paket balita.

 

Sampai saat ini saya masih menekuni bisnis buku balita dan alhamdulillah meskipun memang belum memberikan hasil yang maksimal tapi saya senang akhirnya saya kembali bersemangat lagi untuk berbisnis.

 

hb-baru Buku Halo Balita

378979_454769517929014_510424832_nLearning Skill with Ressa

 

Doakan yaaa, semoga lancar jaya jualannya….

 

 

Tulisan ini disertakan pada Give Away : Perempuan dan Bisnis,

 

Iklan

33 responses to “Semangat Bisnis Lagi

  1. mama-nya Kinan berkata:

    tos saya juga jualan halo balita…dsb..tapi yo sambil sambil gitu..belom maksimal..
    aku juga pingni bisnis lho mbak..dagang atau jualan…walah bahasanya…aku dulu kecil pernah lho jualan…ceritanya kan tinggal dikampung sama bapak ibu tuh kalo beli balon gitu beliinnya nggak kira kira satu pak gitu..akhirnya entah kenapa aku niat banget ku buka meja kecil kudagangkan didepan rumah buat teman teman mainku..sama jeruk ..kan ceritanya bapak ada kebun jeruk…pas jeruknya udah besar besar aku petikin aku gelar deh dimeja itu barng balon …alhamdulilah…
    terus dulu kuliah suka bawa tas dan baju tidur batik dari yogya walaupun tidak serius tapi lumayan nambah nambah uang jajan..maklum uang saku pas pasan..
    sukses kontesnya mbak..:) oneday aku juga pingin punya toko…entah kenapa kok impianku toko buku yah..setelah awalnya kemarin rumah makan..*tapi ngeri capek dan ribetnya masak…hehehehhe…*amin semoga cita cita kita tercapai yah mbak

  2. ayanapunya berkata:

    moga menang mba. moga laris juga jualannya πŸ™‚

  3. Bibi Titi Teliti berkata:

    Buuuun…
    hayo atuh di buka lagih toko online balita nyaaa…
    mumpung lagi banyak yang hamil iniiiih…hihihi…

    Moga sukses bisnis online nya yah Buuuun πŸ™‚

  4. semoga sukses dengan bisnis online nya bunda Rina
    terima kasih sudah turut serta di Give Away : Perempuan dan Bisnis, good luck πŸ˜‰

  5. ladeva berkata:

    Semoga lancar ya Mbak Rina bisnisnyaaaaa πŸ™‚

  6. lulu berkata:

    sukses buat bisnis dan GAnya ya mbak….
    atau aku panggil Rina aja ya…biar lebih akrab πŸ˜›

    sama kaya suamiku, keluarganya emang keturunan pedagang gitu, pinter banget kalau berbisnis, gak kaya aku deh, pinter abisin duit aja 😦

  7. ndutyke berkata:

    bismillah buuuuun!
    semoga lantjar djaya poespita dan barokah bisnisnya πŸ™‚

  8. niken berkata:

    Wah, mbak Rina ternyata pengusaha hebat ya.
    Semoga sukses dengan GAnya ya.

  9. Hanna HM Zwan berkata:

    uwaaa,mbk rina jualan online jg ya???hihi….ih,suka bukunyaaa..nnti kl q dpt rizki anak bakal beli deh πŸ˜€
    sukses selalu mbk bisnisnya…

  10. Lidya berkata:

    bun gak belis CIS ? hehehe lumayan kan dapet potongan dari komisnya. bulan depan aku dapet CISnya.oh ya good luck ya kontesnya

  11. lieshadie berkata:

    Bisnisnya keren Mbak Rina…sukses dan berkah yaa..

    GAnya juga…sip tenan!

  12. jampang berkata:

    semoga sukses, mbak

  13. lovelyristin berkata:

    Amin..lancar ya mbak bisnisnya…

  14. della berkata:

    Amin, Rin.. πŸ™‚
    Aku selalu ikutan bangga deh, kalau punya temen yang berbisnis. Moga sukses terus, ya πŸ˜€

  15. ceritasofi berkata:

    Aamiin….semoga jualan online dan offline nya makin lancar jaya ya mbak Rin….

  16. niccaniez berkata:

    Amin.amin.amin…, Wah…Mbak kreatif juga ya…,kalo saya masih dalam imajinasi,belum sampai realita. hehehe…,padahal bisnis kalo hanya dalam imajinasi ga akan jalan-jalan kan ya…? hehehe…, sukses ya Mbak…,^_^v

  17. […] lho lagi mbaca celotehan lucu begitu kataku…Thanks untuk mbak rina disini dikasih tahu pengumumannya kalo saya nyangkut alias dapat apresiasiΒ  lewat WA minggu […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: