Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Puding Telur Ceplok

pada 22 Februari 2015

Beberapa waktu yang lalu saya pernah melihat pudding telor ceplok di google. Kalau dilihat dari penampakannya terlihat unik, lucu dan menggemaskan #apaseh. Tapi sayangnya tidak tertarik untuk membuatnya dengan alasan belum ada keinginan berkreasi membuat cemilan. Mau ngomong males aja susah beneeer

Terpikir lagi dengan pudding telor ceplok ini saat dapat giliran arisan ibu-ibu komplek di rumah. Kepingin membuat cemilan yang agak unik dan belum pernah disuguhkan di arisan. Apalagi cara membuat dan bahan-bahan yang dibutuhkan tidak perlu sampai beli ke Singapura sangat mudah.

Sebelum dibuat di hari H, saya mencobanya dulu untuk menentukan kira-kira harus membuat berapa banyak dengan bahan yang dibutuhkan. Alhamdulillah hasilnya memuaskan. Kanaya yang sedari awal pembuatan sudah sibuk membuat kerusuhan, tidak sabar ingin mencicipi padahal pudding belum beku 100%.

collage_20150222133635525_20150222133724877

collage_20150222133145285(1)
Ketika saya pamer pasang gambar puding telor ceplok ini di DP BBM, banyak yang bertanya bagaimana cara membuat. Bahkan ada yang mengira saya menggunakan cetakan khusus untuk membuat puding telur ceplok ini. Berikut, saya sharing bahan dan cara pembuatannya bagi teman-teman yang penasaran dengan puding telur ceplok.

Bahan :
1. Nutrijell rasa jeruk atau mangga untuk kuningnya. Saya menambahkan nutrisari mangga supaya rasanya lebih segar
2. Nutrijell rasa sirsak atau leci. Bisa juga agar-agar putih untuk warna putihnya
3. Susu kental manis secukupnya
4. Gula secukupnya

Cara membuat :
Buat kuningnya terlebih dahulu dengan memasak Nutrijel sesuai petunjuk pada kemasan. Tambahkan susu dan gula sesuai selera. Lebih baik air tidak banyak jadi nanti hasilnya kental. Setelah mendidih cetak di tempat yang melengkung. Saya menggunakan cetakan es batu. Setelah dingin lepaskan dari cetakan dan letakan pada wadah dengan posisi lengkungan berada di atas. Kemudian masak yang warna putih sama persis dengan cara memasak yang kuning, setelah mendidih dan agak dingin siram di atas nutrijel yang warna kuning sedikit demi sedikit jangan sampai penuh menutup kuning. Taraaaaaa….. pudding telur ceplok sudah jadi.Tunggu sampai benar-benar beku baru lepaskan dari wadah dan masukkan ke kulkas.

Mudah kaaan… selamat mencoba yaaaa

DSC_2521

DSC_2538

Iklan

39 responses to “Puding Telur Ceplok

  1. jampang berkata:

    kirain dari telur beneran 😀

  2. Inge Febria berkata:

    cakepp mb….
    jadi ngiler.. hehe…

  3. ade pipit berkata:

    cius kirain telur ceplok beneran …tahunya puding # tampilin pic cetakannya dunk

  4. ade pipit berkata:

    cetakannya yg tanpa puding …xixixi

  5. fitri2boys berkata:

    cantik bgt puding telornya ..

    Bunda pinter nih buatnya

  6. Lidya berkata:

    aku mau bikin belum kesampaian bun 🙂 oh ternyata bisa ya pakai cetakan seperti itu

  7. nophiyee berkata:

    Cakep mbaaa, muluss hihiii, itu pas tuang putih ke kuning harus extra sabar ya mbaa, dulu aku pernah tapi kuningnya jadi lari-lari gitu,tidak pas ditengah huhuu

  8. Lyliana Thia berkata:

    Aku kirain telur beneran mbak.. hihihi… wah boleh nih dicoba… tp kalo aku buat kayaknya bakal berantakan kali yah (huhuhu… gak terampil blasss)…

    Kanaya yg semangatt yah mamamnya.. ^_^

  9. eka fikry berkata:

    iihhh..makasih sharingnya mak, aku pengen coba ah…..

  10. Dwiyani Arta berkata:

    Kece banget hasilnya…. mau coba bikin untuk bekal sekolah ah..
    TFS ya Rin *lanjutBBM* 🙂

  11. Maya Siswadi berkata:

    Mantaabbb yaa. Buatnya gampang yaaa

  12. iiihh cute banget…mau nyontek resepnya aaahhh

  13. citramanica berkata:

    Waah… bentuknya imut2 ya Mak… kapan2 bikin ah… Tapi aku beli bahannya harus di Singapur…. 😛

  14. xaveria berkata:

    Wih, bentuknya cantik. Rasanya pasti seger ya mbak. Thx ya mbak sharingnya.

  15. alrisblog berkata:

    Wah penampilan puding telur ceplok menggoda selera. Boleh juga nih coba.
    Salam

  16. Ooo… saya pikir itu telor beneran…. cakep banget yaaa… jadi kepengen juga buat 🙂

  17. chika berkata:

    haha lucu-lucu.. kapan kapan mau nyobain juga ah..

  18. upirosna berkata:

    Huaaa….. Tante..!!! wajib dicoba terus dipamerin ke temen-temen nih!!!! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: