Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

20 Minggu

pada 3 November 2015

Alhamdulillah kehamilan saya sudah masuk 20 minggu. Mualnya sudah agak berkurang tapi kadang masih muntah-muntah, meskipun tidak seperti trimester pertama. Kehamilan kedua ini memang lebih berat dibandingkan saat hamil Kanaya dulu. Mual muntah hampir setiap hari, badan sering lemas dan banyak keluhan yang biasanya baru dialami saat hamil 8 bulan. Tapi ada hal yang menyenangkan, saya bisa makan apa saja sesuka hati sampai berat badan naik 10 kilo. #tutupmuka. Waktu hamil Kanaya banyak makanan yang harus saya hindari karena masih dalam perawatan.

Sewaktu memeriksakan kehamilan pertama kali saya agak bimbang menentukan dokter kandungan. Masih mengidolakan dr.Lina di RS Mitra Bekasi Barat, orangnya komunikatif, sabar, dan ramah tapi antriannya luar biasa, daftar via telpon seminggu sebelumnya pun sudah tidak kebagian nomor antrian. Lagipula saya tidak berniat melahirkan di RS Mitra Barat, karena tidak sanggup dengan biayanya yang mihil. Sewaktu melahirkan Kanaya, saya memilih RS Mitra Barat karena ada dr. Lina. semua biaya di cover dari kantor suami tapi sekarang sudah seperti dulu karena pak suami sudah tidak bekerja di sana lagi.

Akhirnya saya memilih RS Hermina Bekasi untuk memeriksakan kehamilan. Meskipun belum tentu juga melahirkan di sini. Salah satu alasannya di rumah sakit ini banyak pilihan dokter kandungan perempuan. Dari mulai hamil sampai kandungan 20 minggu ini saya sudah berganti sampai 4 dokter kandungan. Memang sih setiap dokter punya kelebihan dan kekurangan. Cuma saya kok merasa kalau masuk ruangan dokter ya kita sebagai pasien harus mendapatkan informasi yang banyak. Jadi saya tetap keukeuh mencari dokter yang nyaman untuk berkomunikasi.

Sampai akhirnya saya mendapatkan rekomendasi dr Triskawati Indang Dewi dari sebuah forum ibu hamil. Masih di RS Hermina juga, keterangannya beliau dokter ahli kanker kandungan tapi bisa juga melayani pemeriksaan kandungan biasa.

Daftar via telpon dapat nomor 10 tapi saat akan diperiksa malah dipanggil di urutan kedua. Horeeee……. Dokternya baik, ramah, dan banyak menjelaskan berbagai hal yang tidak saya tanya. (Nah ini dia yang saya cari). Mumpung ketemu dokter yang informatif , saya langsung curcol mengenai kehamilan saya, sampai akhirnya saya cerita pernah transfusi darah karena HB cuma 6. Dokter Triska agak kaget sewaktu saya cerita tentang darah saya, beliau langsung menyuruh saya ke lab supaya segera diketahui kondisi saat ini. Supaya bisa ditangani segera apabila memang ada masalah.

29347

29348Setelah selesai berkonsultasi bu dokter menyalami saya dengan senyuman. Mungkin biasa saja, tapi buat saya senyum dan jabat erat tangannya jadi semangat buat saya, apalagi dokter-dokter sebelumnya begitu selesai periksa langsung memegang HP nya.

Begitu keluar dari ruang dokter, saya dan suami langsung berdiskusi lab mana yang akan kami kunjungi. Ini penting karena terkait dengan biaya lab yang tidak murah. Apalagi penggantian rawat jalan di kantor saya sudah habis dan semua biaya pemeriksaan kehamilan sampai lab harus ditanggung sendiri.

Langsung deh saya dan suami ngubek ubek mbah google. Dari beberapa blog yang saya baca ternyata biayanya lumayan mihil sekitar 1 jutaan, yang paling murah ada di Prodia sekitar 800 ribuan dan itupun karena ada promo diskon.

Biaya lab yang murah ada di RSUD Bekasi, sekitar 250 ribuan. Saya mengajak suami ke sana meskipun agak ragu-ragu. Suami langsung menolak. Memang sih kami berdua sudah banyak mendengar berita tidak menyenangkan mengenai pelayanan rumah sakit ini. Tapi akhirnya setelah diskusi panjang lebar dengan berbagai pertimbangan kita memutuskan untuk ke sana. Hitung-hitung sebagai pengalaman.

Sampai RSUD Bekasi sudah hampir siang, antriannya juga lumayan. Letaknya ada di gedung yang baru jadi suasananya masih terlihat bersih dan rapi. Saya bertanya pada petugasnya mengenai prosedur pemeriksaan sampai pembayaran. Biayanya sebesar Rp.233.000. Setelah itu, tidak lama kemudian diberikan wadah kecil tempat urine.

Biasanya toilet untuk periksa urine menyatu dengan labnya, tapi ini saya harus naik gojek berjalan dulu keluar lab menuju toilet umum. Dari toilet saya menenteng wadah urine melewati antrian orang. Haduuh tidak ada tissu untuk menutup wadahnya, rasanya agak risih membawa wadah yang sudah berisi urine melewati banyak orang.

Usai menyerahkan urine saya diminta antri tapi ketika sudah sampai di nomor antrian giliran saya, tiba-tiba banyak orang antri di depan lab dan masuk satu persatu tanpa melihat nomor lagi. Rupanya mereka yang tadi dipanggil tapi tidak ada di tempat atau yang diminta untuk puasa dua jam dan diperiksa lagi. Tapi kesannya jadi tidak tertib yah, asal masuk lab saja dan petugasnya pun langsung melayani tanpa melihat nomor antriannya lagi. Butuh kesabaran ekstra sampai akhirnya tiba giliran saya untuk diambil darahnya.

Meskipun masih ada yang harus dibenahi, tapi alhamdulillah pelayanan di RSUD ini sudah lumayan lebih baik. Mungkin juga karena gedung baru, AC masih maksimal sehingga meskipun banyak orang udara tidak pengap.

Adek bayi di dalam perut, sehat-sehat selalu ya nak….. 29349

14 responses to “20 Minggu

  1. lazione budy berkata:

    waaaa senangnya.
    Mudah-mudahan lancer semuanya.

  2. nyonyasepatu berkata:

    Semoga sehat2 trus dan lancar semuanya ya

  3. ndu.t.yke berkata:

    Insyaalloh lancar semuanya yaaa 🙂 dimudahkan sampe hal terkecil sekalipun , aamiin.

  4. Lidya berkata:

    aku juga keduanya di Hermina bun, sehat2 selalu ya

  5. cputriarty berkata:

    Selamat yaa menanti bahagia kelahiran dedek bayinya. Semoga dilancarkan sampai proses kelahiran nanti

  6. Dokter yang komunikatif dan ramah biasanya atriannya panjang ya, Mbak, maka mencari dokter yang lain tentu juga penting untuk dipertimbangkan. Semoga sehat dan nanti dapat lahiran dengan lancar ya, Mbak.

  7. Orin berkata:

    mbak Riiiiin, sehat2 selalu sampai adiknya Naya ini lahir ke dunia nanti yaa *peluk*

Tinggalkan Balasan

