Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

DIY : Membuat Nomor Rumah dari Talenan

pada 30 Maret 2017

1490595786443

Sejak dunia pertalenan kayu wara wiri di Instagram, saya sudah gemeeeees kepengen ikutan bikin ini bikin itu. Apalagi pas lihat di pinterest, talenan kayu dijadikan hiasan dinding yang menarik. Banyak OLS di instagram menjual talenan kayu yang sudah dihias, tapi harganya enggak murah menurut kantong saya. Prinsip emak irit, kalau bisa bikin kenapa harus beli? *kekepindompet
Lalu muncul ide membuat papan no rumah dari talenan kayu, dengan teknik decoupage. Ini pertama kalinya saya membuat decoupage, sok pede banget sih sebenarnya, belajarnya cuma modal youtube aja. Beda banget dengan beberapa teman yang sampai ikut kursus decoupage. Saya mah nekat aja bikin sendiri.
Ternyata menyenangkan sekali lho membuat no rumah dari talenan kayu dengan teknik decoupage. Memacu adrenalin juga karena membuatnya sambil momong dua krucil yang berebutan kuas cat. Tkpnya di teras rumah, pas lagi mengeringkan cat, tetiba hujan turun dengan deras dan heboh sendiri menyelamatkan semua peralatan.

Berikut ini step by stepnya

Bahan dan alat yang dibutuhkan :
Cat akrilik
Lem
Vernish
Kuas (untuk cat, lem dan vernis)
Amplas
Tissu bermotif
Papan atau talenan kayu
Kayu atau kardus untuk no rumahnya. Seharusnya pakai kayu tapi saya tidak punya alat untuk membentuk angka dan huruf jadi saya coba pakai kardus dan dipilox hitam.

1490593205720

Cara membuat
Bersihkan dan haluskan talenan kayu kemudian di cat lalu keringkan. Ulangi dua kali supaya hasilnya lebih bagus.

1490593992693

Gunting tisu sesuai motif yang diinginkan kemudian tempel dengan lem. Lakukan dengan hati hati karena tisu gampang berkerut. Setelah kering oleskan lem di atas permukaan tisu yang sudah ditempel. Keringkan lagi.

Vernis permukaan tisu dengan menggunakan kuas dan keringkan.

1490594684189

Lalu pasang no rumah

1490594994777

Tarrraaaaaaa…… Jadi deh. Hasil yang saya buat masih jauuuh dari sempurna, karena kurang fokus sambil mengawasi anak-anak. Tapi alhamdulillah saya senang dan puas. Hasil bukan yang utama yang penting dibuat dengan bahagia eeaaaaa….

Yuuuk coba juga membuat decoupage
..

Iklan

10 responses to “DIY : Membuat Nomor Rumah dari Talenan

  1. Indah Primadona berkata:

    pengen juga lho belajar decoupage, bisa permak barang-barang di rumah jadi lebih cantik, belum sempet mau nyoba-nyoba
    jadi lucu ya mbak no rumahnya, bisa tampil beda dan pasti gak susah nyari rumahnya ^^

  2. lovelyristin berkata:

    Cantiiikknyaa… Pengen bikin jg, tp akhir2 ini sabar u bikin begini lagi entah kemana hahaha.. Tp bolehlah simpen dulu ini langkah2nya hehe..

  3. rayamakyus berkata:

    waaaah kreatif.. patut dicoba πŸ™‚

  4. aw berkata:

    Wah kreatif kreatif……. πŸ™‚

  5. Keke Naima berkata:

    Cat untuk talenan cantik warnanya, Mbak πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: