Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Liburan Singkat di Bogor

pada 21 Juni 2019

1561007297466

Libur  lebaran tahun 2019 ini keluarga kami engga mudik ke Palembang seperti biasanya. Kenapa ? karena eh karena tiket pesawat mahal banget dan tiket bis juga sama aja mahalnya. Saya sudah menanyakan masalah mudik ini ke pak suami jauh hari sebelum Ramadhan. Dengan berbagai pertimbangan dan tentunya berat hati pak suami memutuskan untuk lebaran di Bekasi aja.

Sedih sih sebenarnya, engga bisa silaturahim dengan keluarga di Palembang dan matgay juga cuma jadi penunggu komplek. Apalagi Kanaya libur sekolah cukup lama, dan dia sudah menanyakan terus kita mau jalan-jalan kemana ini.

Saya diskusi dengan suami kira-kira mau wisata kemana yang engga jauh dari Bekasi. Lalu diputuskan kami  ke Kebun Raya Bogor karena anak-anak belum pernah diajak ke sana, dan wisata kuliner di Bogor juga lumayan banyak. Rencananya seharian keliling Bogor terus nginep semalam di Hotel, paginya masih bisa keliling Bogor dan siangnya cuusss pulang ke Bekasi. Pas banget promo dari traveloka belum pernah dipakai jadi biaya hotel bisa lebih murah. Yeaaaay…. mamak-mamak emang paling bahagia kalau ada promo promo kaya gini.😀😀😀

Rencana awal, saya, suami, ibu saya dan 2 krucil akan ke Bogor naik kereta. Nanti dari stasiun Bogor naik angkot atau order go car. Liburannya ala ala backpaker yang menerapkan asas hemat cermat dan bersahaja😉😉. Sebagai mamak yang segala sesuatunya detail, kepikir nanti di Kebun Raya gembolan tasnya apa mau dibawa masuk aja, KRB itu luas banget dan kita jalan kaki. Kebayang capek dan rempongnya dong. Pak suami dengan santainya bilang, tenang ajah kita titip tasnya di loket karcis. Berasa KRB milik leluhurnya😅

Saat saya ceritakan rencana ini ke adik saya yang tinggal di Depok, dia langsung antusias mau ikutan ke KRB tapi tidak ikutan nginep di Hotel. Akhirnya meminta saya turun di stasiun Depok nanti dijemput naik mobil. Alhamdulillah, lumayanlah ya kalau naik mobil, keliling KRB eggak terlalu capek.

Liburan pun dimulai….

Sepekan setelah Lebaran saya sekeluarga menuju Bogor naik kereta. Suasana kereta padat dengan pekerja yang baru masuk kerja hari pertama. Tapi saat transit di Manggarai sepi penumpang. Bersyukur sudah tidak bekerja lagi, saat orang-orang  mulai beraktivitas  saya malah baru mau mulai liburan 😉😉😉

15610119428891561008827831

Singkat cerita, rombongan lenong sampai di Kebun Raya Bogor. Harga tiket Rp.15.000 per orang dan mobil Rp.30.000. Murah meriah kaaaan. Saat akan membayar, ternyata saya salah menghitung jumlah rombongan dan ketika akan mengambil uang untuk membayar kekurangannya, petugas di loketnya bilang, engga usah pak, segini aja cukup. Lah ini kok bayar tiket kaya mau ngasih ongkos orang  yah. Ternyata masuk KRB tidak terlalu ketat perhitungan pengunjungnya. Tapi meski mau liburan hemat, asas jurdil tetap harus dipakai dong ya. Biar barokah 😊😊

Suasana KRB masih sama seperti terakhir kali saya kesini 8 tahun yang lalu. Selalu ramai pengunjung dan teduh dengan pohon-pohon yang rindang. Baru kali ini saya ke KRB menggunakan mobil jadi bisa menjangkau semua tempat  sampai ke ujung dan baru tau juga ternyata di dalamnya ada taman Meksiko yang isinya tanaman kaktus dari mulai yang kecil sampai yang besar-besar.

Puas keliling KRB, saya sekeluarga plus ibu diantar adik saya ke hotel Sahira di daerah Tanah Sereal. Sebenarnya engga jauh dari KRB tapi karena jalanan di Bogor banyak yang menerapkan satu jalur, jadi agak memutar.

Review Hotel Sahira yuuk.. ..

The Sahira hotel ini adalah hotel Syariah  yang alamatnya di Jl. Ahmad Yani  no 17-23 Tanah sereal Bogor . Sewaktu awal booking agak bingung karena ada hotel syariah dengan nama yang sama juga di daerah Pakuan. Saya berulang kali memastikan hotel yang kami pilih ini benar lokasinya.

Waktu check in cepat mungkin karena yang menginap tidak datang bersamaan. Tidak berapa lama langsung dapet kunci, password untuk akses wifi dan fasilitas kolam renang sesuai dengan keinginan anak-anak. Pak suami memilih kamar deluxe family dengan 3 bed, alhamdulillah promo dari Traveloka bisa memotong biaya hotel. Saya sebagai  mamak pecinta promo dan diskonan cencu saja senang syekali. 😄😄😄

1561011186970

Kamarnya bersih dan nyaman. Kamar mandinya juga cukup luas. Cuma agak risih karena terbiasa keluar kamar mandi itu ada keset, nah ini kesetnya engga ada. Maklum yak orang udik, meskipun kamar mandi kering, keluar kamar mandi harus nemu keset.😁😁

Disediakan juga perlengkapan sholat, sajadah, daaaaan……. Al Quran. Baru kali ini nginep di Hotel Syariah dan takjub aja gitu di Hotel ada Al Qurannya. Berasa diingetin, meskipun lagi liburan harus tetap  baca  Al Quran.

Selesai bebersih badan dan beberes kamar, anak-anak minta ke bawah cari playground. Lumayan lah tempat bermainnya, meskipun tidak terlalu luas tapi anak-anak tetap senang. Apalagi ternyata di bawah tangga ada tempat tersembunyi yang saat dibuka ternyata isinya berbagai macam mainan anak. Sambil nunggu anak-anak bermain saya pesan  makanan via go food karena perut sudah mulai keroncongan. Rencana awal bada magrib mau keluar sekitaran hotel cari makanan, tapi kayanya udah cape dan ngantuk jadi cari yang praktis aja pesan makanan online.

Sebenarnya di Hotel juga jual makanan sih, menunya ada di kamar tapi tadi ngintip sekilas, mihil mihil. Maklum prinsip liburan ala mamak adalah hemat bin ngirit 😃😃.

Alhamdulillah makanan yang di pesan via go food rasanya memuaskan semua. Ibu saya dan pak suami pesan masakan padang, saya makan sop Iga dan anak-anak nasi uduk. Semuanya bilang enaaaak. Alhamdulillah abis makan langsung pada tepar di tempat tidur, merajut mimpi mimpi. Tendang timbangan sampai ke planet Mars.

Paginya cuuussss  sarapan di lantai bawah. Belum ada orang hanya sqtu orang petugas saja tapi makanan sudah disediakan tinggal ambil sendiri. Ini keluarga si berat, malam sebelum tidur makan malam, paginya udah laper banget, mungkin mimpinya abis ngejar-ngejar layangan jadi capek dan lapar 😆😆.

Makanannya enak-enak sih tapi menurut saya kurang kumplit menunya. Waktu kami menginap di Hotel Aston Solo tahun lalu, menu makanannya banyak pilihan. Tapi alhamdulillah , meskipun menunya enggak banyak tapi hampir semua makanan rasanya enak dan pas di lidah.

15610113721651561011544397

Habis sarapan pengennya sih leyeh leyeh di kamar yak, namanya juga lagi liburan kaya orang-orang. 😁😁 Tapi bocah udah pada ribut minta berenang, dan pak suami juga pengennya saya ikut, bagian fotoin yang berenang dan jagain tas plus ngawasin anak-anak kalau ayahnya ke kolam yang lebih dalam.. Yah beginilah nasib mamak, mau berenang dimanapun selalu punya job tetap.😀

Kolam renangnya tidak terlalu besar tapi bersih, saat jalan-ajaln keluar kamar setelah subuh, saya lihat kolamnya dibersihkan petugas. Kolam di bagian atasnya untuk orang dewasa dan bawahnya untuk anak-anak. Tapi namapun bocah namanya main air itu hal yang menyenangkan, menolak udahan meskipun bibirnya udah pada biru karena kedinginan. Mereka baru mau berhenti saat saya infokan tante dan sepupunya mau jemput ke Hotel dan sudah dalam perjalanan.

Pukul 11.15 kami keluar hotel. Alhamdulillah senang menginap disini, adem suasananya karena saling memberi salam jika bertemu. Pelayanannya juga memuaskan dan pastinya lebih tenang karena menerapkan konsep syariah. Insya Allah next time mudah-mudahan , bisa berkunjung lagi ke Bogor.

Happy Eid Mubarak 1440 H

Mohon maaf lahir batin yaa